Psikologi Pendidikan: Pengelolaan Kelas

     PENGELOLAAN KELAS adalah kegiatan untuk menciptakan dan mempertahankan kondisi yang optimal bagi terjadinya proses belajar efektif di dalam kelas.


MANAJEMEN KELAS
  • Membuat kelas sebagai tempat belajar
  • Menetapkan proses belajar efektif di dalam kelas
  • Menciptakan suasana kelas yang kondusif untuk terjadinya proses belajar
  • Selalu berusaha agar siswa benar-benar aktif belajar
  • Mengupayakan sarana-sarana yang membantu proses belajar menjadi lebih efektif dan efisien

TUJUAN MANAJEMEN KELAS
  • Menjadikan situasi dan kondisi kelas, baik sebagai lingkungan belajar maupun sebagai kelompok belajar yang memungkinkan siswa untuk mengembangkan kemampuan semaksimal mungkin
  • Menghilangkan berbagai hambatan yang dapat menghalangi terwujudnya interaksi belajar mengajar yang efektif
  • Menyediakan dan mengatur fasilitas serta perabot yang mendukung dan memungkinkan siswa belajar efektif
  • Membina dan membimbing sesuai dengan latar belakang sosial, ekonomi, budaya, serta sifat-sifat individunya.

TREN DALAM MANAJEMEN KELAS
a.  Lama
     - Menekankan pada prinsip dan pengaplikasian aturan untuk mengontrol siswa
     - Mengorinetasikaan siswa pada sikap positif dan patuh pada aturan yang ketat -> melemahkan
       keterlibatan siswa dalam belajar aktif
     - Guru sebagai pengatur
     - Model permisif

b.  Baru
     - Fokus pada kebutuhan murid untuk mengembangkan hubungan dan kesempatan untuk menata
       diri
     - Menekankan pada pembimbingan situasi menjadi lebih disiplin dan tidak terlalu menekankan
       pada kontrol eksternal atas diri siswa
     - Menekankan pada siswa, guru sebagai pemandu, koordinasi dan fasilitator
     - Penekanan pada regulasi diri siswa


KUNCI DALAM MANAJEMEN KELAS DI AWAL MASA SEKOLAH
- Menyampaikan aturan dan prosedur yang Anda gunakan.


DAMPAK MANAJEMEN KELAS YANG POSITIF
a.  Kepada Siswa
     - Mendorong siswa mengembangkan tanggungjawab individu terhadap tingkah lakunya usulan
       akan mengendalikan dirinya
     - Membantu siswa menampilkan tingkah lakunya sesuai dengan tata tertib kelas dan merasakan
       teguran guru sebagai suatu peringatan, bukan kemarahan
     - Menimbulkan rasa kewajiban melibatkan diri dalam tugas serta bertingkah laku yang wajar
       sesuai dengan aktivitas kelas yang sedang berlangsung

b.  Bagi Guru
     - Mengembangkan pengertian dan keterampilan dalam memelihara kelancaran perjanjian dan
       langkah-langkah pelajaran secara tepat dan baik
     - Memiliki kesadaran terhadap kebutuhan siswa dan mengembangkan kompetensi di dalam
       memberikan pengarahan yang jelas kepada siswa
     - Memberikan respon secara efektif terhadap tingkah laku siswa yang menimbulkan gangguan


STRATEGI YANG DILAKUKAN DALAM MANAJEMEN KELAS
- Mendesain lingkungan fisik kelas untuk pembelajaran yang optimal
- Menciptakan lingkungan yang positif untuk pembelajaran
- Membangun dan menegakkan aturan
- Mengajak murid untuk bekerja sama
- Mengatasi problem secara efektif
- Menggunakan strategi komunikasi

CONVERSATION

0 comments:

Posting Komentar

Back
to top