PENGELOLAAN KELAS adalah kegiatan untuk menciptakan dan mempertahankan kondisi yang optimal bagi terjadinya proses belajar efektif di dalam kelas.
MANAJEMEN KELAS
- Membuat kelas sebagai tempat belajar
- Menetapkan proses belajar efektif di dalam kelas
- Menciptakan suasana kelas yang kondusif untuk terjadinya proses belajar
- Selalu berusaha agar siswa benar-benar aktif belajar
- Mengupayakan sarana-sarana yang membantu proses belajar menjadi lebih efektif dan efisien
TUJUAN MANAJEMEN KELAS
- Menjadikan situasi dan kondisi kelas, baik sebagai lingkungan belajar maupun sebagai kelompok belajar yang memungkinkan siswa untuk mengembangkan kemampuan semaksimal mungkin
- Menghilangkan berbagai hambatan yang dapat menghalangi terwujudnya interaksi belajar mengajar yang efektif
- Menyediakan dan mengatur fasilitas serta perabot yang mendukung dan memungkinkan siswa belajar efektif
- Membina dan membimbing sesuai dengan latar belakang sosial, ekonomi, budaya, serta sifat-sifat individunya.
TREN DALAM MANAJEMEN KELAS
a. Lama
- Menekankan pada prinsip dan pengaplikasian aturan untuk mengontrol siswa
- Mengorinetasikaan siswa pada sikap positif dan patuh pada aturan yang ketat -> melemahkan
keterlibatan siswa dalam belajar aktif
keterlibatan siswa dalam belajar aktif
- Guru sebagai pengatur
- Model permisif
b. Baru
- Fokus pada kebutuhan murid untuk mengembangkan hubungan dan kesempatan untuk menata
diri
diri
- Menekankan pada pembimbingan situasi menjadi lebih disiplin dan tidak terlalu menekankan
pada kontrol eksternal atas diri siswa
pada kontrol eksternal atas diri siswa
- Menekankan pada siswa, guru sebagai pemandu, koordinasi dan fasilitator
- Penekanan pada regulasi diri siswa
KUNCI DALAM MANAJEMEN KELAS DI AWAL MASA SEKOLAH
- Menyampaikan aturan dan prosedur yang Anda gunakan.
DAMPAK MANAJEMEN KELAS YANG POSITIF
a. Kepada Siswa
- Mendorong siswa mengembangkan tanggungjawab individu terhadap tingkah lakunya usulan
akan mengendalikan dirinya
akan mengendalikan dirinya
- Membantu siswa menampilkan tingkah lakunya sesuai dengan tata tertib kelas dan merasakan
teguran guru sebagai suatu peringatan, bukan kemarahan
- Menimbulkan rasa kewajiban melibatkan diri dalam tugas serta bertingkah laku yang wajar
sesuai dengan aktivitas kelas yang sedang berlangsung
b. Bagi Guru
- Mengembangkan pengertian dan keterampilan dalam memelihara kelancaran perjanjian dan
langkah-langkah pelajaran secara tepat dan baik
- Memiliki kesadaran terhadap kebutuhan siswa dan mengembangkan kompetensi di dalam
memberikan pengarahan yang jelas kepada siswa
- Memberikan respon secara efektif terhadap tingkah laku siswa yang menimbulkan gangguan
STRATEGI YANG DILAKUKAN DALAM MANAJEMEN KELAS
- Mendesain lingkungan fisik kelas untuk pembelajaran yang optimal
- Menciptakan lingkungan yang positif untuk pembelajaran
- Membangun dan menegakkan aturan
- Mengajak murid untuk bekerja sama
- Mengatasi problem secara efektif
- Menggunakan strategi komunikasi
teguran guru sebagai suatu peringatan, bukan kemarahan
- Menimbulkan rasa kewajiban melibatkan diri dalam tugas serta bertingkah laku yang wajar
sesuai dengan aktivitas kelas yang sedang berlangsung
b. Bagi Guru
- Mengembangkan pengertian dan keterampilan dalam memelihara kelancaran perjanjian dan
langkah-langkah pelajaran secara tepat dan baik
- Memiliki kesadaran terhadap kebutuhan siswa dan mengembangkan kompetensi di dalam
memberikan pengarahan yang jelas kepada siswa
- Memberikan respon secara efektif terhadap tingkah laku siswa yang menimbulkan gangguan
STRATEGI YANG DILAKUKAN DALAM MANAJEMEN KELAS
- Mendesain lingkungan fisik kelas untuk pembelajaran yang optimal
- Menciptakan lingkungan yang positif untuk pembelajaran
- Membangun dan menegakkan aturan
- Mengajak murid untuk bekerja sama
- Mengatasi problem secara efektif
- Menggunakan strategi komunikasi
0 comments:
Posting Komentar