Psikologi Pendidikan: Psikologi Sekolah


     Tujuan pendidikan adalah membantu peserta didik agar dapat berkembang secara optimal sesuai dengan tujuan pendidikan.

Apa itu Psikologi Pendidikan?
     Psikologi Pendidikan adalah ilmu yang mempelajari penerapan teori-teori psikologi dalam bidang pendidikan.


Kontribusi Psikologi Pendidikan dalam Pendidikan
  • Pengembangan kurikulum
  • Pengembangan program pendidikan
  • Pengembangan sistem pembelajaran
  • Sistem evaluasi

Pengembangan Kurikulum
     Kurikulum adalah seperangkat program yang direncanakan dan dilaksanakan baik di dalam maupun di luar sekolah untuk mencapai tujuan pendidikan.
     Pengembangan kurikulum dilakukan dengan mempertimbangkan aspek-aspek:
     1.  Karakteristik psikologis peserta didik
     2.  Kemampuan peserta didik untuk melakukan sesuatu dalam berbagai konteks
     3.  Pengalaman belajar siswa
     4.  Hasil belajar (learning outcomes)
     5.  Standarisasi kemampuan siswa


Pengembangan Program Pendidikan
     Pengembangan program pendidikan, misalnya, penyusunan jadwal pelajaran, jadwal ujian, dan sebagainya, dengan mempertimbangkan aspek psikologis peserta didik. Pengembangan program pendidikan juga dapat digunakan untuk penetuan dalam memilih jurusan atau program studi peserta didik kelak.
     Perlu diingat bahwa pengembangan program harus mengacu pada upaya pengembangan kemampuan potensial peserta didik.


Pengembangan Sistem Pembelajaran
  • Pemilihan teori belajar yang akan diapikasikan
  • Pemilihan model-model pembelajaran
  • Pemilihan media dan alat bantu pembelajaran
  • Penentuan aplikasi waktu belajar dari pembelajaran

Sistem Evaluasi
  • Penentuan teknik evaluasi [teknik tes atau teknik non-tes]
  • Penentuan jenis tes [lisan, tulisan, dan perbuatan, serta objektif atau subjektif]
  • Penentuan mengenai pelaksanaan evaluasi

PSIKOLOGI SEKOLAH
     Psikologi sekolah adalah penerapan ilmu psikologi berupa pemberian pelayanan psikologis agar tercapainya tujuan pendidikan di sekolah.
     Psikologi sekolah bertugas membentuk individu yang sehat mental guna tercapainya peoses belajar, seperti:
  • High academic achievement
  • Positive social skills and behavior
  • Healthy relationships and connectedness
  • Tolerance and respect for other
  • Competence, self-esteem, and resiliency
 Fungsi psikologi sekolah ada tiga tingkatan (Sukadji, 2000):
  1. Tingkat psikodiagnosa
  2. Tingkat klinis dan konseling
  3. Tingkat industri dan organisasi

Pelayanan Psikologis
  • Assessment
  • Consultation for student. teacher, parents, and staff
  • Prevention
  • Intervasion
  • Staff, parent, and student education
  • Research and program development
  • Mental health care

    CONVERSATION

    0 comments:

    Posting Komentar

    Back
    to top