Calon Guru (Part 1)

Jujur, seumur hidup ga pernah ada niatan untuk bercita-cita jadi guru. Mau guru mata pelajaran sekolahlah, guru masaklah, guru ngajilah, pokoknya apapun yang bersifat mengajar, sorry I have to say goodbye for it.

Ga ada bakat sama sekali untuk ngajar.

Padahal kalau diliat dari riwayat keluarga, papaku dulu itu pernah jadi guru bahasa inggris di kursus bahasa inggris pas masih SMA. Sedangkan aku cuma nyengir-nyengir aja kalau ditanya temen-temen soal pelajaran. Kayak orang 'oon.

Tapi saat di SMA inilah, aku dan beberapa temenku yang super norak merasakan bagaimana menjadi guru. Lebih tepatnya istilahnya "mengajar teman sebaya" gitulah.

-----------------

Pada awal bulan September kemarin, lebih tepatnya hari Rabu, Sosiologi jadi salah satu pelajaran yang dijadwalkan pada hari itu.

Kebetulan aku yang notabenenya ketua salah satu dari 5 kelompok di kelas, aku dan ketua yang lainnya dipanggil sama guru sosiologi tersebut. Beliau bilang kami berlima harus ngajar salah satu materi yang sebenarnya kami juga baru denger. Kami pun ngangguk-ngangguk paham (padahal asli ga paham).

Sebenarnya salah satu ketua ga dateng hari itu, jadi digantiin sama Febri. Jadi, aku, Nurul, Febri, Rifqi dan Riky, adalah yang bakal menyesatkan, ehm, maksudnya mengajarkan satu kelas materi itu. Dan harus dipresentasiin besok.

BESOK MEN! GILE AJE! BARU JUGA DENGER TUH MATERI. APA KAGAK ENGAP?!

Ok, tadi itu lebay.

Kami berlima sepakat buat ngerjain bareng materi itu di rumah Riky sepulang sekolah. Selain dekat dengan sekolah, di rumahnya ada wifi. Mumpung ada wifi gratis, bisa selip-selip sedikit buat download film.

Tapi ga gratis juga. Kan itu wifi punya Riky, jadi tiap bulannya emaknya Riky yang bayar. Jadi itu bukan wifi gratis. Kita aja yang anak-anak norak ini bilangnya wifi gratis.

Aduh kenapa jadi ngomongin wifinya Riky?

Fokus. Fokus

Dari jam 3 sampe jam 4, kami masih ngoceh-ngoceh ga jelas sambil makan gorengan dari emaknya Riky. Walaupun sambil nyari materi di google, sumpah ga ada seriusnya sama sekali. Ga lama, datenglah April, temen seper-norak-an kami lagi, yang mau ngerjain tugas lain bareng kami. Ga deng, sebenarnya mau ngambil buku dari Rifqi terus 'harusnya' pulang. Tapi masih nimbrung ama kami sampe jam 5 sore.

Sudah masuk jam 5 sore, kami masih buang-buang ludah disana sini (baca: ngobrolin apa aja yang penting jadi bahan pembicaraan). Bukannya kelar ngerjain bahan materi, yang ada kita malah selfie pake hp April kayak ga inget tujuan sebenarnya kita disana tuh mau ngapain. Harusnya udah kelar dari tadi, kita malah buka Youtube buat liat video yang aneh-aneh (contoh: nenek-nenek nyuci mangkok jorok bekas tumpahan bakso).

Ditambah lagi materinya emang payah na'udzubillah banget, udah deh cuma ketawa-ketiwi kayak orang ga waras.

Udah masuk jam setengah 6, entah setan apa yang udah ga tahan lagi buat ngerasukin kami berlima (disini April udah pulang), akhirnya kami pun tersadar kalau belum ada yang kelar sama sekali.

Dengan kekuatan "The Power of Kepepet" yang mahadahsyat itu, kami ngerjain tugas kami sebagai calon bakal guru besok dengan tenang dan tidak panik.

Ga. Itu bohong. Aslinya kami panik banget. BANGET! Seakan sebentar lagi tuh meteor garden, eh, maksudnya hujan meteor bakal menghujani rumah Riky yang ada wifinya.

Lebay lagi dah gua.

Akhirnya kami bisa nyelesain tugas kami sampai jam setengah 9 malam. Itu sudah termasuk waktu untuk print, fotokopi, dan sujud syukur. Untuk powerpoint, kami udah sepakat kalo itu bagian Riky ama Nurul. Jadi, kami tinggal nguasain materi aja.

--------------

Besok paginya kami masih agak kerepotan. Karena ternyata powerpoint belum selesai. Kami pun kerja sama buat nyelesain powerpoint di laptop Rifqi sebelum sosiologi dimulai.

Akhirnya powerpoint selesai sesaat gurunya udah masuk ke dalam kelas. Kami pun presentasi apa adanya dengan muka yang dibuat-buat anteng. Emang dasar guru ga becus.

--------------

Pelajaran dari cerita ini adalah, kalau ada sampah di jalanan, buanglah ke tempatnya.

Salah lagi ah elah

Kalau disuruh ngerjain sesuatu, harus serius. Walaupun kita ga tau sama sekali apa yang disuruh, seenggaknya harus ada niat untuk belajar nyari tau. Jangan kayak geng norak kami yang baru ngerjain tugas pas udah mepet.

Kalo udah ga ada niat, terus ngerjainnya juga kepepet, dan ga kelar juga tuh tugas, mati aja udah.

Tapi tetep, buanglah sampah pada tempatnya ok

Salam teh manis,

NSA!

CONVERSATION

0 comments:

Posting Komentar

Back
to top